Metode Belajar

Metode pembelajaran di MI Mirfa’ul Ulum diterapkan dengan melihat jumlah siswa, siswa dalam jumlah besar dan siswa dalam jumlah kecil memiliki metode yang berbeda.
Di bawah ini akan diuraikan singkat metode-metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Metode Ceramah
Metode ini dilakukan dengan cara penuturan bahan pelajaran secara lisan.
Metode tanya jawab
Metode yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung antara guru dan murid. Guru bertanya murid menjawab atau murid bertanya guru menjawab. Manfaat terpenting adalah guru memperoleh gambaran sejauh mana murid dapat mengerti materi pelajaran yang telah disampaikan.
Metode diskusi
Metode ini pada dasarnya adalah saling menukar informasi, pendapat dan unsur-unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapat pengertian bersama yang lebih jelas dan lebih teliti tentang sesuatu.
Metode Eksperimen
Metode ini diterapkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, digunakan untuk penelitian yang menggunakan metode bersifat obyektif.
Metode Demonstrasi
Metode pembelajaran dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian kepada murid.
Metode pemberian tugas dan resitasi
Metode ini adalah suatu proses pembelajaran ketika guru memberi tugas tertentu dan murid mengerjakannya, kemudian tugas tersebut dipertanggungjawabkan kepada guru.
Metode Drill (Latihan)
Metode ini bermaksud agar pengetahuan dan kecakapan tertentu murid dapat dimiliki dan dikuasi sepenuhnya oleh murid.
Metode Kerja Kelompok
Metode ini dilakukan dengan membagi jumlah murid menjadi beberapa kelompok untuk memecahkan suatu masalah atau untuk menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama.
Metode Problem Solving (Pemecahan masalah)
Metode ini merupakan suatu metode pembelajaran yang mendorong murid untuk mencari dan memecahkan persoalan-persoalan tertentu.
Category: