Pelatihan Guru SD/MI

Pada tanggal 21 Desember 2011 yang lalu, para Pengajar Muda (PM) Kabupaten Bengkalis, Riau berkesempatan menjadi pemateri dalam Pelatihan Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran Tingkat SD/MI, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis. Pelatihan ini bertempat di SDN 54 Bengkalis. Pelatihan yang berlangsung  selama 3 hari (20-22 Desember 2011) tersebut, ditujukan untuk guru SD se-pulau Bengkalis yang meliputi dua kecamatan yaitu Kec. Bantan dan Kec. Bengkalis.
Inisiatif ini berawal dari kunjungan para PM ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis pada 20 Desember 2011 untuk menyampaikan overview kondisi pendidikan di Bengkalis dan tawaran kerjasama antara PM dengan Dinas Pendidikan yang salah satunya berkaitan dengan pelatihan guru. Kunjungan ini bertepatan dengan pelatihan guru se-kecamatan Bantan dan Bengkalis, sehingga para PM diminta untuk langsung menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut.
Pada Rabu, 21 Desember 2011 PM menyampaikan salah satu materi Brain Based Teaching yaitu metode ‘Cantelan’. Materi disampaikan dengan metode yang melibatkan audio, visual dan kinestetik peserta, sehingga suasana pelatihan jadi menyenangkan. Anang Setiawan, salah seorang Pengajar Muda, memberikan contoh metode mengingat dan menghafal cepat melalui metode ‘cantelan’. Dua puluh daftar barang yang disebutkan oleh peserta dapat diingat dan disebutkan kembali dalam waktu kurang dari 5 menit.
Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan baik para Pengajar Muda maupun para Guru dapat saling berbagi pengalaman, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung lebih baik dan menarik minat belajar siswa.
Category: